Friday, November 11, 2016

Resep Phipie: Ceker Ndableg

Akhir-akhir ini kepikiran banget sama anak wedok ku yang mbarep.  Kakak Intang...  😭😭. Jadi ingat makanan kesukaannya yaitu CEKER.  berawal dari teringat,  Jadinya mamanya (red: saya) kepengen makan ceker.  Apalagi akhir-akhir ini banyak tukang seblak ceker online yang berseliweran di Facebook.  Ahhh kalo beli,  Rasanya belum tentu sesuai dengan lidah. Akhirnya membulatkan tekad untuk kepasar pagi-pagi demi hunting si ceker (padahal belinya cuma setengah kilo ajah 😁).
Pulang pasar dengan perasaan senang,  Karena apa yang dicari akhirnya didapatkan juga. Syukurlah abang jualannya sekalian buang kuku-kukunya,  Jadi saya tinggal olah ga perlu berkutat lagi potongin kuku si ayam.  Hehehehe..

Saya memutuskan untuk memasak dengan rice cooker.  Okelha,  Kita langsung ke resep bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak CEKER NDABLEG ini ya...
Bahan-bahan:
1/2 kilo ceker/kaki ayam
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 ruas jahe (geprek)
1 ruas lengkuas/laos (geprek)
3 sdm cabe giling
5-10 buah cabe rawit
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1/2 potong terasi ABC
1 sdm cuka
Garam
Gula
Penyedap rasa.

Nah,  Itu semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ceker NDABLEG ya. Sudah siap semua bahan,  Cusss kita ke proses produksi eh,  Pembuatan.
Oiya,  Saya memutuskan untuk membuat masakan ini dengan menggunakan rice cooker  Yaitu lebih praktis dan bumbu lebih meresap dan juga ceker jadi lebih empuk.

1.  Didihkan air kira -kira kira 1,5 liter,  Setelah mendidih, masukkan jahe, lengkuas dan daun salam serta daun jeruk yang disobek-sobek kedalamnya.  Lalu masukkan ceker.  Tutup rice cooker masak dengan tombol cook ya...  Waktu perebusan sampai ceker lunak Kira -kira 30 menit -1jam.
2.  Tumis bawang putih,  Bawang merah dan dan cabe rawit denganmenggunakan 2 sdm minyakgoreng sampai layu dan harum.  Lalu masukkan cabe giling dan terasi.  Tumis sampai harum.  Matikan.
3.  Setelah ceker empuk dan air menyusut setengahnya,  Masukkan bumbu yang telah ditumis tadi.  Aduk rata,  Lalu tambahkan garam,  Gula, cuka Dan penyedap rasa.  Aduk sampai mendidih.
4.  Cek rasa,, jika sudah pas,  Biarkan sampai kuahnya menyusut lagi hingga tersisa 1/4nya saja.  Angkat dan sajikan.

Wallaaaaaa..  Ini dia CEKER NDABLEG ala phipie.  😉

No comments:

Post a Comment